Nodame Cantabile [Dorama]



Baru-baru ini habis namatin dorama nih, judulnya Nodame Cantabile. Ceritanya kocak banget jadi pengen aku review disini. Hehe.

Photobucket

Nodame Cantabile itu sebuah dorama Jepang yang menyadur dari komik berjudul sama karangan Tomoko Ninomiya. Bercerita tentang seorang gadis pemain piano dan laki-laki yang terobsesi menjadi seorang konduktor. Sampai saat ini, kisah Nodame sudah diangkat menjadi 23 episode anime serial, 1 episode anime spesial, 11 episode anime serial "Paris-Hen", 8 anime serial "Final" (sampai tulisan ini diterbitkan sih masih ongoing, hehe), 11 episode drama serial, 2 episode drama spesial, dan 2 episode drama movie. Banyak kan??

Ceritanya nih ...

Shinichi Chiaki adalah seorang mahasiswa akademi musik yang sangat berbakat. Dia adalah putra dari pianis ternama, Masayuki Chiaki. Meskipun dia masuk di jurusan piano, tapi sebenernya dia itu punya cita-cita menjadi konduktor. Kenapa? Karena waktu kecil dulu ketika dia masih tinggal di Praha, dia melihat aksi Sebastiano Vieira, seorang konduktor ternama, sedang memimpin sebuah orkestra. Shinichi kecil merasa jiwa konduktor nya terpanggil #halah-- dan karena itulah dia jadi tergila-gila dengan yang namanya konduktor. Bahkan dia juga sempat menjadi muridnya Vieira. Suatu hari dia harus kembali ke Jepang. Dalam perjalanan dia mengalami kecelakaan pesawat yang membuatnya memiliki trauma yang besar sehingga dia tidak pernah berani naik pesawat lagi. Padahal dia ingin sekali kembali ke Praha untuk bertemu dengan Vieira.


Sampai suatu hari dia bertemu dengan seorang gadis pemain piano, namanya Megumi Noda atau biasa dipanggil Nodame. Nodame ini orang yang sangat berbakat, tapi sayang permainannya tidak teratur. Itu karena Nodame hanya mengandalkan pendengarannya untuk belajar musik, dia sama sekali tidak bisa membaca partitur. Cita-citanya adalah menjadi guru TK. Itu sebabnya dia mengambil jurusan piano di akademinya supaya ketika menjadi guru TK nanti Nodame bisa mengiringi murid-muridnya bernyanyi dengan piano. Cita-cita yang terdengar mengenaskan menurut Shinchi. Karena semua yang masuk ke akademi, pasti cita-citanya adalah menjadi seorang profesional yang bisa keliling dunia menyabet gelar-gelar pemusik teratas. Haha, memang Nodame itu orang yang unik. Meski sering memarahinya, tapi Shinichi mengakui kok kalau Nodame itu sangat berbakat.


Shinichi ini punya kharisma yang membuatnya ditaksir banyak cewek. Jelas saja. Dia tampan, jago main piano pula. Tidak cuma piano, dia juga jago main biola. Nah lho, siapa yang nggak klepek-klepek coba? Bahkan Nodame pun terbius dengan dirinya. Nodame langsung merasakan jatuh cinta pada pandangan pertama begitu melihat Shinichi. Makanya dia terus-terusan membuntuti Shinichi meskipun cowok itu terang-terangan menyuekinya. Tapi namanya juga Nodame, maju terus pantang mundur deh!! Dan belakangan, Shinichi lah yang membuka matanya untuk dunia musik yang sesungguhnya. Bahwa dia bisa mendapatkan sesuatu yang lebih tinggi daripada seorang guru TK.

UENO JURI as MEGUMI NODA

PhotobucketNodame adalah seorang gadis yang menyukai musik dan berbakat sekali dalam bermain piano. Dia bisa saja memainkan sebuah musik hanya dengan dari mendengarnya meski hanya sekali saja. Cita-citanya adalah menjadi guru TK. Dia sangat menyukai Shinichi yang merupakan kakak kelasnya sekaligus tetangga apartemennya. Dia sering ngaku-ngaku jadi pacarnya maupun istrinya Shinichi, meski sering ditolak sama cowok itu. Dia sering banget ngrusuhi Shinichi. Minta makan lah, minta diajari lah, bahkan sampai minta Shinichi buat mberesin kamarnya yang super berantakan itu. Sebenarnya bukan Nodame yang minta sih, tapi Shinichi yang saking perfeksionisnya nggak bisa menahan diri melihat kamarnya Nodame yang lebih mirip tempat sampah itu. Nodame emang jorok. Kalau dia udah serius sama pianonya, kamarnya berubah jadi sarang laba-laba pun dia nggak akan peduli. Dia senang banget sama anime Peri Gorota dan demen banget ngatain Shinichi sebagai Kazuonya. Setelah kenal sama Shinichi dan bertemu dengan Stresemann, dia jadi punya satu cita-cita lagi, yaitu : bisa bermain orkestra bersama Shinichi.

TAMAKI HIROSHI as SHINICHI CHIAKI
PhotobucketShinichi adalah seorang perfeksionis yang jago dalam bermain piano dan biola. Meski begitu cita-citanya adalah menjadi seorang konduktor seperti konduktor pujaannya, Vieira. Dia punya phobia pesawat yang membuatnya tidak bisa meninggalkan Jepang. Tapi suatu hari phobianya itu berhasil hilang berkat Nodame. Dia sangat peduli dengan permainan Nodame. Dia merasa gadis itu sangat berbakat dan tidak ingin Nodame menyia-nyiakan bakatnya hanya untuk menjadi seorang guru TK. Karena kesungguhannya, Shinichi berhasil menjadi murid dari Stresseman, seorang konduktor ternama yang bersaing dengan Vieira. Shinichi pun memulai debutnya dengan memimpin sebuah orkestra bernama S-Oke. Dia galak banget, terutama sama Nodame. Tapi galaknya galak sayang #halah. Saking lelahnya terus-terusan menolak Nodame, akhirnya dia sekarang diam saja kalau Nodame sudah menyebut-nyebut dirinya sendiri sebagai istri Shinichi. Tapi dia nggak mungkin lama-lama cuek sama Nodame, kan? Bukankah cinta itu tumbuh salah satunya adalah karena terbiasa? #soktahu.

TAKENAKA NAOTO as MAESTRO FRANZ VON STRESEMANN
PhotobucketStresemann atau Milch adalah konduktor ternama yang berasal dari Jerman. Dia bertemu dan mengetahui bakat terpendam Nodame ketika dia datang ke Jepang. Shinichi ini adalah salah satu penggemarnya juga. Tapi karena sikapnya aneh, Shinichi jadi sempat menghindarinya dan menyuruh Nodame jauh-jauh dengannya. Waktu tahu kalau orang mesum di depannya adalah Stresemann, Shinichi pun memohon untuk menjadi muridnya. Awalnya Milch menolak karena tahu bahwa Shinichi sempat jadi murid Vieira yang sangat tidak disukainya. Tapi begitu melihat kesungguhan Shinichi, akhirnya Milch menerima dia sebagai murid semata wayangnya dan menyuruh Shinichi menjadi konduktor dari S-Oke yang dia buat.

EITA as RYUTARO MINE
PhotobucketMine adalah seorang pemain biola rock n roll yang sempat tertarik pada Nodame. Dia bahkan sampai mengajak Nodame untuk berduet dengannya dalam suatu ujian. Tapi ketika melihat betapa Nodame mencintai Shinichi, bukan dirinya, Mine pun mundur dan menjadi sahabat baik Nodame. Awalnya dia sangat membenci Shinichi. Tapi kemudian mereka juga jadi teman baik karena Shinichi berhasil membuatnya lolos ujian. Jadi ceritanya, waktu ujian, Nodame yang harusnya jadi pengiring Mine sakit, jadi mau tidak mau Mine menerima tawaran Shinichi untuk menggantikannya bermain piano padahal mereka tidak pernah latihan sama sekali. Melihat Shinichi yang berhasil mengimbanginya, akhirnya Mine mengakui bakat Shinichi dan mereka pun jadi teman baik. Dia juga jadi ketua orkestra S-Oke yang dipimpin oleh Shinichi. Dan dia juga bergabung dengan RS-Oke yang dipimpin Shinichi juga dan akhirnya jatuh cinta dengan Kiyora, ketua orkestra RS-Oke.

SAEKO as SAKURA SAKU
PhotobucketSakura adalah seorang gadis pemain kontrabass yang bergabung di S-Oke. Ayahnya sangat ingin putrinya bermain biola, tapi Sakura sudah memilih kontrabass sebagai alat musik yang ingin dimainkannya. Dia seorang gadis pekerja keras. Keluarganya sempat bangkrut yang membuatnya ingin keluar dari akademinya. Tapi kemudian keluarganya berhasil bangkit lagi dan Sakura juga akhirnya bergabung di RS-Oke sebagai pemain kontrabass juga.

KOIDE KEISUKE as MASUMI OKUYAMA
PhotobucketMasumi adalah cowok berambut kribo merupakan penggemar fanatik Shinichi. Sepertinya dia ini penyuka sesama jenis. Hihi. Soalnya dia suka cemburu banget kalau lihat Nodame udah nempel-nempel sama Shinichi. Dia juga suka pake baju perempuan. Jadi diragukan kan dia normal apa enggak? Hehe. Dia ini pemain timpani yang ditarik Milch untuk bermain di S-Oke. Kemudian dia bergabung juga dengan RS-Oke sebagai pemain timpani juga.

MIZUKAWA ASAMI as KIYORA MIKI
PhotobucketKiyora adalah gadis cantik pemain biola sekaligus ketua orkestra A-Oke, kelompok orkestra saingan S-Oke di akademi. Dia sangat terobsesi dengan biola dan cita-citanya adalah menjadi juara 1 di kompetisi biola di luar negeri. Melihat bakat Shinichi, dia mengajukan diri untuk membuat sebuah kelompok orkestra bersama yang akhirnya bernama RS-Oke (Rising Star Orchestra), dan dia menjadi ketua orkestranya. Dia sempat dianggap musuh oleh Mine yang kemudian malah jatuh cinta padanya. Dan dia sendiri juga jatuh cinta pada pemain biola rock n roll itu.

FUKUSHI SEIJI as YASUNORI KUROKI
PhotobucketYasunori adalah pemain oboe di RS-Oke. Dia jatuh cinta pada Nodame pada pandangan pertama. Menurutnya, Nodame adalah orang yang anggun dan berkharisma. Padahal enggak banget. Semua yang ada dipikirannya tentang Nodame itu 180 derajat berbeda dengan kenyataannya. Berulangkali Mine dan kawan-kawan mencoba menyadarinya tapi nggak berhasil. Pada akhirnya dia tahu Nodame hanya mencintai Shinichi seorang. Yasunori pun mundur terlebih waktu tahu kalau ternyata Nodame sangat berbeda dengan apa yang ada di pikirannya selama ini. Sepertinya dia mulai tertarik dengan Tanya, pianis yang ditemuinya waktu sekolah di Paris dengan Nodame.

EIJI WENTZ as FRANK LATOINE
PhotobucketFrank adalah teman Nodame semasa di Paris. Dia adalah seorang otaku yang sangat menyukai Nodame. Tapi kemudian dia tahu kalau Nodame menyukai Shinichi dan akhirnya bersahabat baik dengan gadis itu *wah, Nodame ternyata laris juga ya, xixi.





BECKY as TATIANA “TANYA” VISHNEVA
PhotobucketTanya adalah teman Nodame ketika cewek itu belajar di Paris. Dia juga seorang pianis. Pada awalnya dia sangat menyukai Shinichi dan berebut perhatian dengan Nodame. Tapi kemudian dia tertarik dengan Yasunori dan akhirnya terus menempel dengan cowok oboe itu.







UEHARA MISA as SAIKO TAGAYA
PhotobucketSaiko adalah penyanyi seriosa yang sempat menjadi pacar Shinichi. Mereka putus karena Saiko yang meminta putus. Tapi pada akhirnya Saiko ingin kembali dan gantian Shinichi yang nolak, deh.



TOYOHARA KOSUKE as KOZO ETO
PhotobucketEto adalah dosen yang mengajar Nodame. Semula dia juga mengajar Shinichi. Dia terkenal dengan kipas pemukul di tangannya. Soalnya kalau muridnya salah sedikit saja, pasti akan langsung dipukul sama kipas itu. Nodame adalah murid pertamanya yang membuatnya mengubah metode belajarnya. Dia tidak lagi suka memukul, karena Nodame pasti akan kabur kalau melihat dia bawa-bawa kipas itu. Dia juga yang mengantar Nodame di kompetisi piano pertamanya.

NISHIMURA MASAHIKO as HAJIME TANIOKA
PhotobucketBeliau adalah guru pertama Nodame yang sangat mengerti apa yang Nodame mau. Dia jugalah yang pertama kali mempertemukan Nodame dan Shinichi untuk berduet bersama dalam piano. Nodame sedih banget waktu tahu dirinya sudah tidak diajari oleh guru kesayangannya itu.

OSAMU MUKAI as KIKUCHI TORU
PhotobucketDia adalah pemain cello di RS-Oke. Dia adalah cowok playboy yang pacarnya tidak cuma satu. Tidak jarang pacarnya yang satu bertemu dengan pacarnya yang lain dan mereka berantem hanya untuk dirinya. Ckckck.

YAMADA YU as SONG RUI
PhotobucketRui adalah pianis terkenal teman baik Shinichi. Nodame cemburu sekali dengan kedekatan mereka. Dia juga sempat sedih lantaran waktu itu dia sempat seneng banget ditawari Shinichi bermain piano di orkestranya tapi pada akhirnya malah Rui lah yang bermain dengan Shinichi.

GIRY VINCENT as JEAN DONNADIEU
PhotobucketJean adalah saingan Shinichi di kompetisi konduktor pertamanya. Tapi akhirnya Shinichi berhasil mengalahkannya. Yatta!! Tapi tidak disangka lho, kalau ternyata Jean ini juga salah satu murid Vieira.



ZDENEK MACAL as SEBASTIANO VIEIRA
PhotobucketInilah konduktor yang sangat diidolakan Shinichi. Dia juga merupakan guru dari Shinichi dan Jean. Diam-diam dia selalu mengamati perkembangan Shinichi, lho.










DRAMA SERIAL

Disini, diceritakan awal mula pertemuan Shinichi dengan Nodame. Diceritakan juga bagaimana Shinichi yang ingin sekali menjadi konduktor. Shinichi yang bertemu dengan Stresemann pujaannya dan akhirnya menjadi murid satu-satunya. Sampai Shinichi yang akhirnya memimpin sebuah orkestra pertamanya, S-Oke, dan akhirnya juga memimpin sebuah orkestra lain bernama RS-Oke. Di serial ini juga diceritakan bagaimana Nodame pada akhirnya bersedia mengikuti kompetisi piano pertamanya lantaran dia ingin ikut Shinichi belajar di luar negeri. Kisah cintanya sendiri lebih didominasi dengan cinta bertepuk sebelah tangannya Nodame ke Shinichi. Tidak ada romantisnya sama sekali, banyak konyolnya. Serial ini berakhir di bagian Shinichi yang mengajak Nodame untuk pergi ke luar negeri bersamanya, inilah satu-satunya bagian romantis yang ada. Hehe.



DRAMA SPESIAL

Kalau di Spesial itu ceritanya Shinichi dan Nodame udah ada di Paris. Disini muncul juga tokoh-tokoh baru yang sebelumnya tidak ada seperti Frank, Tanya, dan Jean. Di Paris, Chiaki dan Nodame tinggal di sebuah komplek apertemen untuk mahasiswa, bertetangga dengan Frank yang berasal dari Jerman dan Tanya yang berasal dari Rusia. Di sini diceritakan Shinichi mulai ikut kompetisi konduktor dimana dia harus melawan Jean yang merupakan konduktor berbakat yang sudah meraih penghargaan dimana-mana. Untuk alur ceritanya sendiri udah mulai agak serius. Nggak terlalu banyak kekonyolan yang sebelumnya banyak disajikan di serial. Sementara untuk cerita cintanya sendiri udah mulai ada romantis-romantisnya. Disini Shinichi sama Nodame udah kayak pasangan beneran. Nggak tahu deh jadiannya kapan tapi mereka disini adalah sepasang kekasih.



MOVIE

Lanjutan dari drama Spesial. Dalam proses belajarnya menjadi seorang konduktor profesional, disini Shinichi ketemu lagi sama Stresemann. Waktu Stresemann jatuh sakit, Shinichi dipercaya untuk memimpin orkestra yang harus tampil saat itu. Saat itulah Shinichi ketemu kembali dengan Rui yang bikin Nodame cemburu berat. Nodame yang pengen banget main orkestra bareng Shinichi berulang kali harus menahan sakit karena semua yang dia inginkan malah terjadi antara Shinichi dengan Rui. Akhirnya Nodame melakukan orkestra pertamanya dengan Stresemann karena dia merasa perjalanannya dengan Shinichi sudah tidak ada harapan lagi. Di Movie ini alur ceritanya udah jadi lebih serius dari sebelumnya. Konyol nya dikiit banget. Tapi cerita cintanya lebih kental. Disini Shinichi mulai serius dengan perasaannya. Bahkan saat Nodame memutuskan untuk berpisah, gantian Shinichi yang gak rela dan mengejar Nodame. Huhu. So sweet banget dah.



Photobucket


Pokoknya recomended banget deh!!
Nodame-Chiaki chemistry nya kuat banget.
Huooo ... jadi pengen ketemu orang kayak Chiaki. #bletak

#Kalo mau download filmnya bisa ke --> Download Nodame Cantabile [Dorama]

#Mau download OST nya? Klik aja --> Download OST Nodame Cantabile

***


10 komentar:

  1. keren-keren......
    konyolnya sama kayak seri animenya..

    BalasHapus
  2. ahha! suka sma cara kmu ng-review ceritanya!
    malah bkin penasaran beneran!! aigo!
    udh lama tau tp reaksiny biasa aja.
    skrg jd pngen nnton lg :)

    gumawo!

    BalasHapus
  3. makasihh...

    huuuu.... aku suka banget ma komik, anime n dorama nya... semuanya aku suka..

    chiaki senpai lover neh....

    BalasHapus
  4. Hehe aku baru kemarin nonton
    animenya belum doramanya..
    Aku sukanya saat nodame lamar chaiaki oh my..
    Keren

    i'm glad you review abotu this

    BalasHapus
  5. Hee, keren ya dramanya :) ciakinya ganteng :D
    dulu ngikutin komiknya tp ga pernah nnton anime ama dramanya, sekarang lg rajin download nemu lgi filmnya. kocak abis

    BalasHapus
  6. chiaki senpaaaaaaiiiii >////<
    megumichaaaannnnn :DDDDd

    BalasHapus
  7. chiaki senpaaaaaaiiiii >////<
    megumichaaaannnnn :DDDDd

    BalasHapus
  8. itu emain nya apa memang asli pemusik yah?
    fasih banget mainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi. bisa iya, bisa enggak. yang jelas drama ini berhasil membuat kita merasa kalau mereka bener-bener bermain musik di dalam sana. :D

      Hapus
  9. gyabooo pengen liat doramanyaaa,, ud nton yg versi koreanyaa,, ga rameee, ga kaya komiknyaaa

    BalasHapus