Kenangan Ramadhanku...

Ne cerpenku yang menang waktu lomba PENSIL di Unsoed tahun 2006 lalu...
Kenangan manis dee... soalnya ne pertama kalinya aku kirim cerpenku buat lomba dan berhasil jadi Juara Pertama... yeeee!!!


Emang Nggak Boleh?!
By : uya
Riri berdecak kagum menatap dirinya berada di atas panggung. Kostum meriah membalut tubuhnya yang kecil. Dengan diiringi musik yang menghentak, dia menyanyikan sebuah lagu. Ajaib! Suaranya merdu! Akhirnya… setelah sekian lama menanti, hari ini datang juga…
“LEEEELAKIII BUAYA DARAT, BUSET! AKU KETIPU LAGI… WUOO!!”
BYUUUR!! 
            Riri langsung gelagepan. Kok di atas panggung ada air sih? Emang bocor, ya? Payah, mengganggu konser nih! “Woi! Yang bener dong! Gue lagi konser, ni!”
“Konser, konser pale lo botak?! Suara pales aje lagak lo!!”
Riri melotot. Kok suaranya cempreng amat? Kayak suara Emak…? “Enak aje lo bilang suara gue pales! Suara gue ni merdu kayak Krisdayanti! Lo sirik ya nggak punye penggemar kayak gue?!”
“Sirik?! Dasar bocah durhake ame orangtue, ye! Bangun! Bangun! Bangun! Lo pikir sekarang nih jam berape? Gelis-gelis molor wae!”
“Aoooow!” Riri membuka mata dan mendapati dirinya tengah berada di sebuah rumah kecil dan kaos oblong membalut tubuhnya. Tidak ada panggung, kostum, musik, bahkan penonton. Yang ada di hadapannya malah seorang wanita setengah baya yang sibuk nyerocos nggak jelas, perpaduan antara Betawi dan Sunda, dengan tangan kanan nangkring di telinga kanan Riri. Riri teriak kenceng lagi. “Aduuuh, Maaak! Sakit, Maaak! Aow! Aow! Aow!”
“Nah, enak ye? Ampuh kan jeweran Emak? Makanye, lain kali sadar ye, suara pales noh jangan ngimpi jadi penyanyi. Sekarang, lo bangun. Sekolah yang bener! Biar jadi presiden! Sono minggat! Ditungguin tuh ame temen lo!”
Riri manyun sambil menuju kamar mandi. Dasar Emak, tega amat ngata-ngatain anaknya? Huuu!
“Huahahahaha! Nasib lo jelek amat sih, Ri? Hahahaha!!”
“Eh, Do, lo jangan ikutan Emak gue yang suka ngata-ngatain gue, dong. Lo emang pengen nasib gue jelek, ya?” Riri melotot sambil melihat Edo yang tengah ngakak lebar sampe keselek biji semangka.
“Iya iya. Sori deh, Ri. Abisnya… keluarga lo lucu banget, deh. Gue baru ketemu keluarga yang begituan. Tinggal di Purwokerto, logat Betawi masih kentel. Salut gue, Ri!” Edo mengangkat jempolnya tinggi-tinggi.
“Nggak penting amat sih nyanjung-nyanjung Emak gue?” Riri melengos. Dan matanya tertumbuk pada selebaran warna merah yang tertempel di dinding kantin. “Eh, apaan tuh, Do?! Ambil cepet!”
Dengan berat hati, karena dipukulin terus sama Riri, akhirnya Edo menyobek selebaran itu dan memberikannya pada Riri. Riri sigap merebutnya. Matanya yang kecil nyalang menatap baris demi baris yang ada disitu. Dan sebentar kemudian matanya langsung melotot lebar.
“Do, lomba nyanyi, Do! Lomba nyanyi! Aaaaaa! Mimpi gue jadi kenyataan, Do! Hahahaha!!” Riri ketawa ngakak sendirian.
Edo melirik Riri tak suka. “Eh, tau nggak? Lo jelek banget kalo lagi ngakak begitu! Mingkem ngapa?!”
“Bodo!! Hahaha!!” Riri tambah lebar ngakaknya. “Lo kan tau, Do. Dari dulu gue pengen banget bisa nyanyi di depan umum. Itu cita-cita gue! Dan sekarang… akan jadi kenyataan! Hahaha!!”
“Heh! Inget dunia, neng! Eling!” Edo menepuk keras bahu Riri. “Ini perlombaan antar kelas. Diadakan di aula. Lo mau dinding sekolah pada ancur, ya??”
Riri langsung mingkem. “Lo tuh ye… Menyurutkan semangat banget sih loo?! Eh, tapi… perlombaan antar kelas, ya? Yach… nggak jadi deh…”
“Kenapa?”
“Tanya kenapa?! Kalo ni perlombaan antar kelas, udah pasti yang ikut pasti…”
“VIDI!!” Teriakan super keras itu disambut jejeritan oleh kanan-kirinya. Vidi, cewek berambut panjang yang disebut namanya itu langsung senyum-senyum kegeeran. Sejak dia sekolah di SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto, dia selalu diajuin jadi kandidat lomba nyanyi antar kelas. Nggak heran, suaranya bagus, sih. Makanya anak-anak 2RPL1 nggak pernah mikir dua kali buat njadiin dia wakil kelas buat ikut lomba-lomba nyanyi dan sejenisnya.
Tapi… nah lho, ada tapinya nih… tapi dia nggak sombong lho biar begitu-begitu juga. Nggak percaya?
“Emm… sebenernya bukan mau nolak, tapi apa nggak sebaiknya kita kasih kesempatan yang lain buat ngikutin lomba? Kan kasihan yang sebenernya punya bakat nyanyi tapi nggak tersalurkan,” ujarnya merendah. Tuh kan dia baek…
Tapi anak-anak langsung bersorak liar tanda tak setuju. Mereka udah pada mentok sama Vidi. Jadi tidak begitu memperdulikan teman-teminnya yang mungkin sebenernya punya suara emas selain Vidi. Vidi langsung cengar-cengir sendiri mesam-mesem nggak jelas.
Tapi… jauh di lubuk hatinya yang paling dalam. Dia lagi bingung, resah, dan gelisah. Dia punya something big trouble gitu loh. Pasalnya, udah beberapa hari ini tenggorokannya lagi mandan-mandan sakit. Kata dokter sih amandelnya kambuh. Nah lho, tenggorokan kan nyalur juga tuh ke suara. Akhir-akhir ini suaranya juga lagi serak-serak basah gitu. Jadinya seksi tapi nggak seksi. Makanya, ada problema nangkring di hatinya. Padahal lombanya besok lusa. Dan dia udah kadung janji sama mamanya buat istirahat nyanyi satu minggu dari kemarin. Nah lho??
'''
Riri memandang baik-baik wajahnya yang bundar di kaca toilet sekolah. Riri mendongakkan dagunya dan menurunkannya kembali. Bolak-balik dia menjauhkan dan mendekatkan mukanya di depan kaca, kemudian merabanya. Gue cukup cakep kok meskipun nongol satu jerawat di jidat, tapi kan bisa ditutupin, gumamnya dalam hati sambil membentuk poninya. Nah, modal penampilan udah beres buat jadi penyanyi. Riri tersenyum puas.
Kemudian dia menggerak-gerakkan lehernya ke kanan, kiri, depan, belakang, serong kanan, serong kiri, dan seterusnya. Riri memegang lehernya pelan. Dan… ehm… dia berdehem pelan. Riri terdiam sejenak, berdehem lagi, lalu nyengir pelan. Suaranya… mungkin bener juga yang dibilang Edo, ya? Tapi…
Riri menggeleng cepat. Enggak! Dia nggak boleh menyerah. Biar gimana-gimana, lomba ini adalah jembatan baginya untuk menyalurkan kemampuan serta hasratnya untuk menyanyi di depan publik. Dia akan mendaftar, meski tidak dengan nama kelasnya. Dia bisa aja kok nyamar jadi salah satu murid kelasnya Edo. Temennya disitu banyak dan rata-rata bisa diajak kompromi semua. Jadi kalau suaranya dibawah cempreng, kelasnya nggak perlu menanggung malu dengan ulah Riri yang nekatz banget itu. Tapi andaikata ada sebuah keajaiban turun dari langit yang membuat suara Riri berubah total, kelas Edo untung besar. Juara I dapet piala bergilir, oi!
Riri menghela napas pelan. Dia jadi ingat. Dulu, duluuuu sekali ketika mendiang ayahnya masih hidup dan umurnya baru menginjak kelas 6 SD. Riri sempat mendengar ayahnya mengigau bahwa beliau ingin melihat Riri menjadi seorang penyanyi. Awalnya Riri nggak ngeh dan nggak perduli. Kan cuma ngigau. Tapi ternyata, igauan itu adalah perkataan terakhir dari ayahnya. Soalnya, esoknya ayahnya itu sudah tidak dapat membuka mata untuk selama-lamanya. Makanya, Riri ingiiiin sekali menjadi penyanyi. Meski jauh di lubuk hatinya, dia sadar kalau suaranya dibawah pas-pasan. Tapi, emang nggak boleh punya mimpi buat jadi penyanyi dan mau berusaha untuk itu?
Riri membuka matanya yang sempat tertutup. Mumpung kamar mandi lagi sepi, boleh juga ngetes suara. Ehm… ehm… “Halloooo halo Banduuuung! Ibu kotaaaaa… ah, suara gue cempreng banget, sih?!!” Riri memukul dadanya sendiri sampe batuk-batuk. Kacian deh lu!
“Bukan cempreng, tapi melengking…” sebuah suara lembut mengalun dari balik pintu yang tertutup. Riri langsung keselek sampe batuk-batuk lagi. Suara siapa tuh? Perasaan di sini kan cuma ada dirinya. Jangan-jangan… hiii!!
Pintu salah satu kabin terbuka lebar. Riri sempat terlonjak sampai mengkeret di pojokan sambil menatap lebar pintu itu. Dari situ muncul seorang gadis berambut panjang yang tersenyum manis padanya. Riri melongo… Vidi??!!
“Suara lo lumayan juga. Gue baru sadar kalo selama ini ternyata gue punya saingan dalam hal suara di kelas,” kata Vidi.
Riri menyipitkan matanya. “Jangan ngécé! Lo nyindir gue…”
Vidi tersenyum. “Siapa yang ngejek? Gue tulus ngomongnya. Suara lo tuh bagus, Ri. Melengking.”
“Melengking? Oh… itu denotasinya cempreng ya?”
Vidi nyengir. “Nggak juga. Kalo cempreng, semua orang pasti punya. Tapi kalo melengking, apalagi cewek, langka lho.”
Riri mengerutkan kening. “Lo mau ngibulin gue? Gue emang bego dalam hal beginian. Tapi gue masih ngerti bahasa Indonesia...”
Vidi menyeringai sesaat. “Lo lucu juga ternyata. Em…” Vidi memutar bola matanya. “Suara lo tuh pantesnya nyanyi lagu-lagunya Melly. Suaranya Melly kan melengking. Cocok tuh buat lo. Oh iya! Lo besok ikut lomba nyanyi aja! Gantiin gue! Lo nyanyi lagunya Nirina yang soundtracknya film itu. Cukup melengking, lho. Cocok sama suara lo!”
Riri kontan melongo. Tampangnya bloon banget. Seorang Vidi, yang keliatannya kalem dan irit ngomong, ternyata hobi nyrocos juga. Mana cerocosannya nggak jelas, lagi. Nggantiin dia ikut lomba? Plis deh, sekarang yang mimpi siapa? Vidi atau dirinya?
'''
“Lo jangan mimpi, Ri! Terlalu banyak berkhayal sih…”
Riri menatap Edo sebal. Kesal dijotosnya bahu cowok itu sampai dia meringis-ringis. “Lo tuh kenapa sih? Sirik banget ye ma gue? Terus kenapa? Emang nggak boleh gue punya mimpi jadi penyanyi hah??”
“Jangan sensi gitu ngapa? Gue kan cuma bercanda. Just kidding gitu…” Edo nyengir. “Trus? Yang lo omongin tentang Vidi itu? Serius?”
Riri mengerutkan alisnya. “Bingung juga sih, Do. Tu anak emang serius apa cuma main-mainin gue doang ya? Jangan-jangan ngibul…”
“Jangan suka berburuk sangka gitu ah! Eling, bentar lagi puasa…”
Riri berdecak. “Lo tuh… nyebelin! Tadi bilang gue jangan mimpi, sekarang lo malah bela Vidi. Mau lo tuh apa sih? Plin plan banget!”
Edo nyengir lagi dengan jeleknya. Tiba-tiba matanya melebar ketika kedua anak manusia itu tengah melewati tempat parkiran. “Ri, Vidi, Ri! Gile… cantik juga ya tu cewek kalo diliat-liat…” Edo berdecak.
Riri menyikut rusuk Edo dengan sikunya. Keras. Edo sampe nyureng-nyureng saking sakitnya. “Jaga pandangan, men! Bentar lagi puasa!”
“Duh, lo tuh gak bisa liat orang seneng dikit pa? Jangan-jangan lo cembokur ya ma gue?” Edo menyeringai.
Riri langsung memalingkan muka. “Cembokur pale lo botak?? Ngapain gue cemburu ma lo? Kayak nggak ada monyet lain di dunia ini selain lo aja…”
“Hah? Maksud lo?” teriak Edo. Tersinggung, euy!
“Ri! Riri!”
Riri langsung melambatkan jalannya yang agak cepat tadi. Nggak tahu kenapa, kok tiba-tiba dadanya sesak ya waktu Edo bilang Vidi cantik tadi? Cemburu? Ah, masa sih?
Riri membalikkan badan. Sosok Vidi berjalan mendekatinya. Anggun. Kapan ya dia begitu? Nggak srugal-srugul kayak sekarang?
“Sori ganggu ya, Ri. Aku cuma mau ngomong sesuatu…”
“Tentang lomba nyanyi?” Alis Riri mengkerut.
“Hah? Bukan! Bukan tentang itu!” Vidi melebarkan mata. Riri menatapnya bengong. “Aduh… kamu pasti mikirin soal lomba nyanyi yang tadi siang kita bicarain ya?”
Riri bengong lagi. Nyaris shock. Jangan-jangan tadi Vidi cuma mainin dia doang. “Oh… jadi lo juga mau bilang kalo suara gue ini jelek kan? Terus terang aja deh… nggak usah sok halus gitu…”
“Riri!” Edo melotot menatap Riri sambil menyikut rusuk gadis itu.
Vidi menatap Riri heran. “Riri? Kok kamu ngomong gitu sih?”
“Emang gitu kan? Lo sama Edo tuh sama aja. Sama-sama nggak suka suara gue!” bentak Riri.
Vidi melongo. Tapi kemudian senyuman terukir di wajah ovalnya. “Riri… Riri… pikiran lo tuh terlalu naif. Gini ya, masalah lomba nyanyi itu… sebenernya gue emang mau nawarin lo nggantiin gue, soalnya suara gue lagi serak. Tapi ternyata anak-anak udah pada dapet penggantinya. Jadi kalau masalah itu, gue minta maaf udah ngecewain lo…”
Riri melengos.
“Tapi, masalah suara…” Vidi menghela napas. “Gue serius. Kalo lo mau, mulai malem ini lo bisa latihan ma gue.”
“Maksud lo?”
Vidi tersenyum. “Lo tahu kan gue punya band yang suka manggung di acara-acara pensi? Nah, kita butuh seorang vokalis lagi. Dan pertama gue denger suara lo, gue langsung suka dan ngerasa cocok. Jadi, gue mau ngerekrut lo jadi anggota baru band gue. Lo mau kan?”
Riri melotot. “S…se…serius, Vi?”
“Seratus rius!” ujar Vidi mantap. “Lo mau nggak?”
Riri hanya terdiam sambil mengangguk ragu. Sumpah, ini diluar dugaannya. Jadi salah satu personel band? Anak band? Akhirnya…
Nah lho, jadi nggak masalah kan kalo selama ini dia pengen banget jadi penyanyi sampe kebawa-bawa mimpi segala? Sampe disiram air sama Emak, bahkan sampe dikata-katain melulu sama Edo? Buktinya, sekarang dia bisa ditawarin jadi anak band.
Emang nggak boleh punya mimpi? Jadi kenyataan kan…?
'''
Purwokerto, 26 September 2006

1 komentar: