Xoalun.exe


Siapa tuh Xoalun??
MyEm0.Com

Aku temui si Xoalun di flashdisk kesayanganku a.k.a Ndud. Awalnya habis iseng ngopi-ngopi game di laptop servisan yang baru dateng. Habis kelar ngopi-ngopinya, ibuku datang dan bilang, "Itu laptopnya diberesin ya, Mba, katanya banyak virusnya...". Jreng! Jreng! Kenapa ibuku muncul setelah aku memasukkan Ndud kesitu?? Dan malangnya lagi, si Ndud sedang dalam posisi tertancap di Opy a.k.a laptop kesayanganku. Ouw My God! Tuhanku Yang Maha Pengasih dan Penyayang! Buru-buru ku lihat isi si Ndud... Folder udah pada ilang semua dan berganti dengan shortcut-shortcut tidak nggenah.


Astaghfirullah... pada kemana data-dataku???

Langsung aku scan pake Smadav, kedetek beberapa file yang terhidden. Setelah aku unhidden, oke, file ku kembali tapi si shortcut-shortcut itu tidak hilang. Malah muncul sebuah file yang namanya Xoalun.exe. Siapa dia? Aku masih bertanya-tanya kala itu. Akhirnya si shortcut dan Xoalun yang tidak kukenali itu kuhapus manual. Flash kucopot. Waktu Ndud kumasukin lagi... Astaga!! Muncul lagi si Xoalun dan kawan-kawan, berikut dengan file-file yang hilang. Buset dah... Ni kenapa sih?? Aku format si Ndud, eh... muncul lagi...

Selidik punya selidik, ternyata Opy sudah terinfeksi, dan semua flashdisk yang masuk pun bisa terjangkit! Gubrak!! Berasa dunia goncang...

MyEm0.Com

Tanya sama Ndud yang asli (versi orangnya), bukannya menghibur malah terus menerus bilang, "virus kayake... virus tuh...". Sial... Saya tidak butuh itu, saya butuh solusiii!! Terus dikasih saran scan pake ini, pake itu, pake ini, pake itu... Kujabanin deh demi kesembuhan Opy. Tidak pengaruh juga. Si Xoalun tetep muncul di dalam flashdisk dan kinerja Opy melambat. Istilah virus pun tidak terdeteksi di sistem a.k.a sistemku bebas virus. Tapi kenapa si Xoalun tetep muncul? Apa namanya kalau bukan virus?

Detik itu juga, saya langsung tanya-tanya sama mbah Google. Siapa tahu dapat pencerahan. Akhirnya, dengan informasi yang minim, ketahuan deh siapa si Xoalun itu.

Xoalun adalah sebuah malware, sebagian bilang ini adalah virus. Dia muncul di Indonesia pada 26 Agustus 2010 setelah sebelumnya muncul di USA dan Mexico (aku bertanya-tanya bagaimana kemunculannya). Xoalun.exe muncul dibarengi dengan kawan-kawannya seperti X.exe, Xoalunx.exe, 04349841.exe, dan dalam kasusku, muncul juga shortcut-shortcut yang tidak jelas dan semua folder jadi menghilang (tersembunyi). Dan si Xoalun ini juga bisa memperlambat kinerja komputer.

Karena di scan pake beberapa antivirus nggak berhasil -dengan kata lain, nggak kedetek sebagai virus dan nggak mau hilang-, aku mengikuti saran si Ndud memakai software Hijackthis. Hijackthis adalah software untuk mematikan program atau file tersembunyi yang dijalankan tanpa diketahui pemakai komputer. Software ini cukup ampuh untuk melihat program apa saja yang dijalankan ketika Windows mulai bekerja. Dan benar saja... Waktu aku scan, muncul itu Xoalun. Karena merasa tidak pernah menginstal program bernama Xoalun, detik itu juga aku 'Fix' kan dia, aku matikan programnya supaya tidak berjalan lagi. Dan... jreng jreeng, waktu memasukkan flashdisk yang tidak terinfeksi, si Xoalun tidak muncul lagi dan data-data tidak hilang maupun berubah jadi shortcut! Fiuuh... aku bisa bernapas lega. Opy sudah sembuh dan kinerjanya tidak melambat lagi.

Sebenarnya, ada Prevx yang bisa memusnahkan ini. Tapi berhubung musti terhubung internet dan tidak gratis pula, aku tidak jadi pakai itu, deh... Hijackthis aja cukup lah. Yang penting masalahku terselesaikan.

Hewhewhew... Thanks to Ndud. MyEm0.Com

Yang punya problem sama sepertiku dan butuh softwarenya, bisa download  disini : 

0 komen:

Posting Komentar